Pelatihan Digital Marketing Sebagai Usaha Meningkatkan Penjualan dan Pemasaran pada UMKM Uberrr Kota Solok
Main Article Content
Abstract
Pemasaran produk saat ini telah banyak dilakukan melalui media internet atau yang dikenal dengan nama digital marketing. Digital Marketing dijadikan sebagai salah satu strategi promosi dan penjualan karena sejumlah manfaat yang didapatkan seperti meningkatkan lapangan kerja dan kemudahan ruang dan waktu yang tidak terbatas karena internet sebagai wadah transaksi jual beli. Namun manfaat digital marketing ini tidak digunakan dengan baik oleh UMKM Uberrr Kota Solok. Hal ini terjadi karena banyak faktor seperti latar belakang pendidikan para pelaku usaha yang masih rendah, faktor umur dimana kebanyakan para pelaku usaha UMKM di Kota Solok merupakan orang yang sudah tidak muda lagi dan kurangnya pengetahuan seputar teknologi dan internet. Tujuan pengabdian ini yaitu menerapkan digital marketing pada UMKM Uberrr sehingga dapat meningkatkan penjualan dan memperluas pemasaran. Metode yang diganakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data penggunaan digital marketing pada saat ini dan menerapkan pelatihan digital marketing pada UMKM Uberrr. Tim Matching Fund memberikan pelatihan digital marketing untuk para pelaku usaha UMKM Kota Solok dengan menggunakan aplikasi sosial media, aplikasi marketplace, dan platform berbagi.link. Hasil dari pemberian pelatihan ini, UMKM Uberrr telah memiliki beberapa media pemasaran secara online yaitu whatsapp business, instagram business, shopee, pemantapan penggunaan website E-UMKM manjua dan penggunaan platform berbagi.link.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.