Efektifitas Pembelajaran PjBL dalam Aspek Kolaborasi untuk Mata Kuliah Sistem Pengukuran
Main Article Content
Abstract
Pengembangan keterampilan kolaboratif menjadi esensial dalam pendidikan teknik elektro. Penelitian ini mengusulkan Pendekatan Tindakan Kelas (PTK) untuk meningkatkan kolaborasi mahasiswa dalam pembelajaran berbasis proyek (PBL) mata kuliah Sistem Pengukuran. PTK dilaksanakan dalam beberapa siklus. Setiap siklus melibatkan perencanaan, implementasi, observasi, analisis, refleksi, dan perbaikan. Strategi PBL yang dirancang untuk merangsang kolaborasi diterapkan, dan data dikumpulkan melalui observasi kelas,dan penilaian proyek mahasiswa. Implementasi PTK menghasilkan peningkatan yang signifikan dalam kemampuan kolaboratif mahasiswa. Indikator partisipasi aktif, distribusi tanggung jawab, dan kualitas produk proyek menunjukkan tren positif. Mahasiswa merespons positif terhadap pengalaman pembelajaran PBL yang mempromosikan kolaborasi. Faktor-faktor seperti strategi pembimbingan dosen dan desain proyek berkontribusi pada peningkatan kolaborasi. Tantangan seperti komunikasi internal dan variabilitas tingkat pemahaman konsep menjadi fokus diskusi. Peran dosen sebagai fasilitator menjadi kunci untuk memastikan kelompok berkolaborasi secara efektif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.