Pengaruh Media Ajar Interaktif dalam Pengajaran Sistem Tubuh Manusia di SDN 01 Sawahan Kota Padang

Main Article Content

Muhammad Ilhamdi Rusydi
Devianda Ananta Sandri
Riko Chandra
Avelia Fairuz Faadhilah
Khairunnisa Lizzikrillah
Robbi Noberlam Dasyura
Vinoza Shalsabila

Abstract

Media ajar berperan penting dalam memberi pemahaman sebuah materi kepada siswa. Guru kelas lima SDN 01 Sawahan, Padang mengalami permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) mengenai Sistem Tubuh Manusia. Selama ini pembelajaran masih menggunakan media ajar konvensional yaitu gambar dua dimensi tubuh manusia dan patung manusia. Hal ini menyebabkan siswa terkendala dalam memahami proses yang terjadi di dalam sistem tubuh manusia karena media ajar sebelumnya bersifat statis dan tidak interaktif. Untuk mengatasi kendala tersebut,dirancang sebuah situs web pembelajaran bernama TEORITY yang dapat membantu guru dalam mengajar sistem tubuh manusia secara visual dan rinci. Materi website membantu siswa dalam memahami sisi dalam dan sisi luar organ dalam tubuh.Situs web TEORITY di laman www.teoritypkmunand.ikonyoa.com telah dirancang dengan fitur menarik seperti animasi, kuis, dan permainan edukatif yang dapat membantu siswa memahami materi sistem tubuh secara visual dan rinci. Dari uji coba yang telah dilakukan dapat diamati bahwa situs web TEORITY yang dirancang berhasil memudahkan guru dalam menjelaskan materi sistem tubuh secara visual,rinci dan interaktif. Sesuai dengan hasil ini pihak sekolah berencana untuk menggunakan dan mengembangkan situs web ini  kedepannya dengan bekerja sama dengan Tim pembuat situs web TEORITY

Article Details

How to Cite
Rusydi, M. I. ., Ananta Sandri, D., Chandra, R., Fairuz Faadhilah, A., Lizzikrillah, K., Noberlam Dasyura, R., & Shalsabila, V. (2021). Pengaruh Media Ajar Interaktif dalam Pengajaran Sistem Tubuh Manusia di SDN 01 Sawahan Kota Padang. Jurnal Andalas: Rekayasa Dan Penerapan Teknologi, 1(1), 10–15. Retrieved from http://jarpet.ft.unand.ac.id/index.php/jarpet/article/view/3
Section
Articles